Dalam memilih tas bahu, tangan atau pun tas lain, model dan warna biasanya jadi pertimbangan utama. Tapi, ada hal lain yang juga wajib Anda perhatikan, yaitu kesehatan punggung.

Pasalnya, nyeri punggung yang selama ini banyak dikeluhkan wanita, bisa disebabkan karena bawaan pada tas. Seperti dilansir dari Oprah.com, hal ini menurut ahli kesehatan tulang asal New York, Isis M. Medina. Jadi, pertimbangan dalam memilih tas, bukan hanya atas nama gaya, tapi juga kesehatan punggung Anda.

Tali penyangga
Hindari memilih tas yang talinya sangat panjang. Tas model ini bisa membuat postur tubuh membungkuk, berbentuk huruf C.  Dengan tas menempel di pinggang dan tali yang panjang dan kecil Anda  akan selalu berusaha membungkuk. Pilih tas yang talinya agak lebar dan tak terlalu panjang serta bahannya tidak licin.

Coba, coba, coba
Seperti juga riasan dan busana, saat membeli tas wajib hukumnya untuk mencoba. Saat dipakai di atas bahu, sebisa mungkin tas harus jatuh dekat dengan pusat gravitasi, yaitu sekitar pusar atau pinggang.

Jangan yang terlalu besar
Dalam tas berukuran bessar Anda memang bisa membawa banyak barang. Tapi hal ini bisa berdampak buruk pada tulang punggung karena membawa beban yang berlebihan. Pasalnya, dengan menggunakan tas ukuran besar Anda akan cenderung memasukkan banyak barang, sehingga beratnya bisa membahayakan kesehatan punggung.

Bahan ringan

Tas yang baik adalah tas permukaannya datar dan lembut dan berbahan ringan dengan ukuran sedang. Jika memilih tas kulit pilih juga jenis kulit yang tak terlalu berat. Jangan sampai, tas yang masih kosong sudah terasa sangat berat karena bahannya tebal atau memiliki banyak detail.