Ujian Nasional siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DKI Jakarta, akan dilaksanakan pada 16-19 April 2012 mendatang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan hasil lelang yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pencetakan soal dilakukan di daerah Kudus, Jawa Tengah.

“Soal dicetak di Kudus, sebelumnya di Jakarta. Itu sesuai dengan hasil pemenang lelang,” ujar Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika, di Jakarta.

Dia mengungkapkan persiapan menjelang ujian hampir mencapai 100 persen. “Kami targetkan tingkat kelulusan siswa hingga 99,9 persen,” kata Agus.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pada 14 april 2012 soal akan tiba di Jakarta. Soal akan mendapat pengawalan mengingat jalur distribusi cukup jauh. “Kami harap tidak ada kendala yang berarti. Sekarang tinggal menunggu pelaksanaan,” ucapnya.

Menurut Agus, dinas juga telah berkoordinasi dengan rayon dan instansi terkait mengenai keamanan pendistribusian soal ujian. Jika tahun kemarin sekolah mengambil soal ke rayon, maka kali ini soal akan diantarkan langsung untuk lebih memberikan jaminan keamanan, dan tidak terjadi kebocoran.

“Kami harap dari kualitas proses dan hasil penyelenggaraan UN 2012 bisa lebih baik,” ujarnya. Berdasarkan data dinas pendidikan, ujian ini akan diikuti oleh sebanyak 124.722 siswa, dengan rincian 59.545 siswa SMA dan 65.177 siswa SMK. “Semoga UN kali ini berjalan lebih baik. Kami juga akan meminimalisir kecurangan dan kebocoran soal,” tandasnya.