Musik Dangdut selalu menjadi pusat perhatian bagi para penggemarnya di tanah air. Kontroversi demi kontroversi juga terjadi. Belum usai dugaan lagu “Iwak Peyek” merupakan hasil plagiat, kali ini “goyang bebek” juga jadi rebutan klaim sejumlah artis.

Siapa pemilik goyang bebek sebenarnya? Adalah dua pedangdut De Mocca yang mengklaim sebagai pencipta goyang khas itu. “Yang punya hak dan bisa memakainya hanyalah grup kami, karena saya yang menciptakan goyang itu, goyang bebek,” ujar Dena Khamala, personel De Mocca, saat ditemui  di kawasan Depok baru baru ini.

Dena memasalahkan ini karena ada penyanyi lain yang memakai goyang bebek di sebuah acara musik di televisi. Dena mengaku geram karena penyanyi itu mengklaim goyang bebek sebagai karyanya.

“Saya merasa keberatan banget jika goyang bebek itu ada yang mengklaim. Tapi yang jelas saya sangat kecewa sekali. Goyang bebek sudah lama saya bawakan. Kalau mau memakai goyang itu ya mbok izin ke saya atau manajemen,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah akan mengambil jalur hukum untuk menuntut sang peniru goyang bebek, Dena mengaku siap. “Kami punya dokumentasi saat De Mocca show on air dan off air, dengan foto-foto sedang goyang bebek, videonya juga ada di Youtube. Kalau mereka belum ada niat baik, minta maaf atau damai, kami tempuh jalur hukum,” ujarnya.