Menghadapi cuaca yang tidak menentu ini tentunya dibutuhkan daya tahan tubuh ekstra agar tidak jatuh sakit. Tapi bagaimana jika orang- orang disekitar kita rentan terhadap virus flu yang cepat sekali penularannya.
Di lingkungan kerja misalnya, atau di mall, tempat makan yang ramai dikunjungi, atau bahkan di dalam rumah. Anda tidak mungkin dapat menghindar dari tempat- tempat ini. Yang Anda butuhkan hanya memproteksi diri dengan menjaga kebersihan dan mencukupi suplemen untuk tubuh. 

Di rumah

– Vitamin D


Sediakan vitamin D sebagai teman usai sarapan. Penelitian dari sekolah kedokteran Yale yang dilakukan pada musim dingin 2009 hingga 2010 menunjukkan bahwa orang dewasa dengan kadar vitamin D yang tercukupi (setidaknya 38 nanogram per millimeter) 50% lebih kecil kemungkinannnya untuk terinfeksi flu dan gangguan lainya yang berhubungan dengan saluran pernapasan.
Vitamin D ini terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan melapisi paru- paru untuk melawan virus. Tetapi tanpa adanya bantuan dari luar seperti suplemen tambahan, sulit bagi tubh untuk bekerja meningkatkan kekebalan tubuh dengan sendirinya, demikian dikatakan Michael F. Holick, MD, Ph.D., profesor kedokteran, fisiologi, dan biofisik di Boston University School of Medicine.
Ukuran vitamin D yang disarankan adalah 600IU per hari, selain itu Anda juga masih bisa mengkonsumsi makanan sumber vitamin D lainnya seperti susu kedelai.

– Seterilisasi

 
Norovirusses, jenis mikroba penyebab flu ini dikenal sangat ulet dan mampu hidup hingga berminggu- minggu pada perabotan rumah tangga dan lantai. Bahkan virus ini masih dapat bertahan meskipun sudah dicuci dengan sabun atau cairan pembersih. Virus ini hanya dapat dibasmi dengan pembersih yang banyak mengandung klorin.
Sebagai pencegahan, hindari menggunakan gelas atau piring dan sendok secara bergantian. Selain peralatan dapur, kamar mandi, telephon, remote TV, dan gagang pintu adalah bagian yang mudah terkontaminasi karena sering disentuh secara bersamaan. 
Christine L. Moe, Ph.D., profesor kesehatan dari Emory University di Atlanta, menemukan rumusan klorin yang tepat untuk membasmi mikroba ini. Anda dapat mengambil ½ cangkir pemutih klorin yang dicampurkan dengan satu galon air untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Sedangkan untuk membersihkan karpet, lebih disarankan untuk menggunakan pembersih uap dibandingkan dengan mencucinya.

– Istirahat cukup
 
Penuhi jam istirahat, yakni 7 jam setiap malam untuk daya tahan tubuh yang lebih kuat. Tidur dengan kualitas baik akan merevitalisasi tubuh dan menurunkan kemungkinan Anda mengalami sakit tenggorokan, pilek, dan batuk pada keesokan paginya.
Dari penelitian Carnegie Mellon University di Pittsburgh,  orang- orang yang jam tidurnya kurang dari 7  jam hampir 3 kali lipat terserang flu dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 jam atau lebih.
Kurangnya jam tidur, mengakibatkan penurunan kerja sel alami yang bertugas menjaga daya tahan tubuh.

Di tempat kerja

 
Zinc lozenges adalah jawaban yang tepat untuk menghindari flu yang sudah mewabah di lingkungan kerja Anda. Selalu sediakan ini di laci meja. Sebuah studi di Finlandia mengatakan bahwa setidaknya zinc lozenges ini mengandung 75 mg zat besi yang dapat mencegah flu. Efek sampingnya pun tidak terlalu mengganggu kinerja Ada di kantor.

“Untuk menghindari flu, Anda membutuhkan produk yang dapat melepaskan ion seng,” jelas Harri Hemila, MD, Ph.D., seorang profesor di University of Helsinki. Ia juga merekomendasikan 2 merek aman yang beredar di pasaran, Cold-Eeze dan Walgreens’ Zinc Cold Remedy Lozenges.