Besaran gaji bagi chief executive officer (CEO) di Amerika menjadi sorotan ketika besarnya tak sebanding dengan hasil kerja perusahaan. Pembayaran bonus menjadi penting diperhatikan untuk melihat seberapa besar efisiensi perusahaan.

Terkait hal itu, majalah Forbes telah menghitung seberapa besar efisiensi yang dilakukan perusahaan besar yang termasuk dalam daftar S&P 500. Forbes menyusun peringkat terhadap 206 CEO perusahaan besar di Amerika. Siapa CEO terbaik di Amerika?

Berdasarkan kriteria yang disusun Forbes, CEO yang menduduki peringkat pertama adalah bos Amazon, Jeff Bezos. Selama enam tahun, ia menerima kompensasi total sebesar US$1,4 juta. Sebagian besar dari kompensasi itu merupakan biaya keamanan yang diberikan perusahaan kepadanya. Ia mengambil gaji tahunan US$81.840 dan tidak ada kenaikan gaji sejak 1998.

Bezos mengantarkan Amazon dengan memberikan keuntungan kepada pemegang saham sebanyak 30 persen selama enam tahun. Sejak mengambil alih perusahaan publik pada Mei 1997, ia memberikan keuntungan 36 persen kepada pemegang saham, atau lebih baik dibanding keuntungan S&P 500 sebesar 5 persen selama periode itu.

Mengikuti sukses Bezos, CEO terbaik lainnya yang masuk 5 besar yaitu Marc Benioff dari Salesforce.com, Bob Sasser dari Dollar Tree, Neal Patterson dari Cerner, dan Leonard Bell dari Alexion Pharmaceutical.

Sementara itu, CEO yang masuk peringkat “terburuk” yaitu Michael Frazier dari Genworth Financial. Selama enam tahun, Genworth tak membukukan keuntungan bahkan minus 19 persen, dan tertinggal dari perusahaan sejenis. Selama 6 tahun, Frazier telah mengumpulkan gaji rata-rata US$10,5 juta per tahun.

Penilaian CEO terbaik itu menggunakan empat faktor. Salah satunya kinerja saham perusahaan, termasuk dividen terhadap industri selama enam tahun. Faktor lainnya yaitu kinerja saham tahunan selama masa kepemimpinan CEO, dan performa terhadap S&P 500 sepanjang waktu itu. Faktor terakhir yaitu total kompensasi selama enam tahun terakhir. Menurut perhitungan Forbes, rata-rata gaji enam tahun US$9,1 juta, rata-rata total keuntungan 7 persen, dan rata-rata sepanjang kepemimpinan 12 persen.