Segala sesuatu selalu memiliki dua sisi, kebaikan dan keburukan, manfaat daen efek samping. Begitu halnya dengan minuman yang mengandung kopi seperti teh, kopi dan minuman energi lainnya. Beberapa orang dengan pekerjaan tertentu sangat bergantung dengan kopi. Sebagian besar adalah pekerja malam seperti sopir, beberapa pakerjaan dengan giliran (hsift 24 jam), satpam, dll. Kopi sudah seperti morfin yang memiliki efek ketergantungan. Timbulnya semangat, hilangnya kantuk, meningkatnya konsentrasi adalah manfaat yang disajikan dalam secangkir kopi.

Sementara penggunaan kopi yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan berakibat tidak baik bagi tubuh. Bahkan kafein sendiri merupakan zat yang memiliki eefek sangat banyak dan kuat dalam beberapa sistem tubuh. Berikut ini adalah beberapa sisi lain dari kafein,


Berubahnya pola tidur

Terlalu banyak kopi mengakibatkan Anda susah tidur dan insomnia. Namun, jika tak mengkonsumsi kafein justru membuat Anda mengantuk dan tidur tak tentu. Berantakannya jam tidur dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Hal ini dikarenakan adanya blokade reseptor adenosine. Efek samping kopi yang bersifat candu mengakibatkan reaksi kebalikan ketika tubuh tidak meminum kafein.
Sering kencing
Lingkungan kerja yang panas akan membuat Anda mudah dehidrasi, apalagi dengan konsumsi kopi yang membuat efek diuresis (keluarnya banyak kencing). Sedangkan untuk pekerja dengan situasi lembab akan membuat frekuensi ke kamar mandi semakin sering karena efek diuresis tersebut.

Meningkatkan asam lambung dan gula darah

Kafein meningkatkan sekresi asam lambung dan pepsin sehingga maag sering muncul. Selain itu konsumsi yang dikombinasikan dengan rokok akan memperlemah katup bawah kerongkongan yang mengakibatkan cairan asam lambung dimuntahkan lewat mulut. Cairan asam lambung ini bersifat panas di daerah dada dan seringkali berulang. Jika hal ini tidak segera ditangani maka akan berdampak timbulnya kanker esophagus.
Adanya dugaan kafein dapat meningkatkan kadar gula membuat penderita diabetes dan obesitas harus lebih berhati-hati mengkonsumsinya.

Memicu kecemasan

Bagi Anda yang pencemas dan sulit mengendalikan diri saat gugup, sebaikanya menghindari kafein. Kafein mampu menstimulasi kecemasan sehingga akan terjadi peningkatan kegelisahan, susah tidur, tangan basah karena keringat dingin, dan jantung berdebar-debar.
Menyebabkan pengeroposan tulang
Bagi Anda wanita yang telah melewati masa menopause, sadarilah bahwa kafein merupakan musuh utama Anda. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kafein bersifat menarik cadangan mineral kalsium dari tulang sehingga rentan terjadi pengeroposan.

Pada dasarnya, Tuhan selalu menciptakan segala sesuatunya dengan adil. Perlu pemikiran bijaksana untuk melakukan segala sesuatu hal dengan baik. Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan tentu akan menimbulkan efek yang buruk. Demikian pula dengan kafein. Setelah mengetahui sisi lain dari minuman yang mengandung zat tersebut, semoga Anda lebih bijak dalam mengkonsumsinya.