Seorang remaja pria asal China rela menjual ginjalnya demi membeli sebuah iPad. Remaja bermarga Wang itu menjual organ tubuhnya seharga 22.000 yuan atau sekitar Rp27 juta.

Ginjal itu kemudian digunakan untuk proses transplantasi ilegal. Dilaporkan, kesehatan remaja itu saat ini tengah memburuk.

Remaja ini berasal dari Anhui, sebuah provinsi miskin di China. Penduduknya banyak keluar wilayah untuk mencaripenghidupan yang lebih baik. Sang ibu baru mengetahui anaknya telah menjualginjal saat bertanya tentang iPad dan iPhone barunya.

Remaja ini bukan satu-satunya tersangka yang ditangkap polisi dalam kasus ini. Setidaknya ada lima orang yang didakwa melakukan penjualan organ secara ilegal, termasuk dokter bedah yang memindahkan ginjal remaja bermarga Wang itu pada April 2011.

Menurut Xinhua, sebagaimana dilansir Telegraph, untuk sebuah proses transplantasi, nilai transaksinya bernilai 220.000 yuan atau sekitar Rp318 juta. Dari transplantasi ini, remaja bermarga Wang itu mendapat Rp27 juta, sisanya dibagi kepada dokter bedah dan tiga tersangka lainnya yang tak lain merupakaan staf dokter tersebut. Namun, tak dilaporkan siapa yang membayar atau menerima ginjal secara ilegal  itu.

Data Kementerian Kesehatan China menunjukkan 1,5 juta orang di negeri ini membutuhkan transplan, namun hanya sekitar 10.000 yang bisa dipenuhi per tahunnya.

Produk Apple memang populer di China. Namun, harga produknya terlalu tinggi untuk orang China kebanyakan. Di negeri tirai bambu ini, harga iPhone berkisar 3.988 yuan atau sekitar Rp6 juta, sedangkan iPad dijual mulai harga 2.988 yuan atau Rp4,3 juta.