Ada sebuah tempat wisata menarik di Turki yang disebut kastil kapas (cotton castle), atau dalam bahasa Turki “Pamukkale”. Lokasinya di Provinsi Denizli, di lembah Sungai menderes, merupakan situs alam berisi air panas. Bentuknya menarik, berupa teras mineral karbonat.


Kota Yunani-Romawi dan Bizantium kuno Hierapolis dibangun di atas “kastil” putih ini. Panjangnya sekitar 2.700 meter (8.860 kaki), dengan lebar 600 m (1.970 kaki) dan tingginya 160 m (525 kaki)

Pariwisata di tempat ini sudah terkenal sejak ribuan tahun lalu. Banyak orang yang memanfaatkan pemandian di kolam ini. Namun, baru sejak pertengahan abad ke-20, hotel dibangun di atas reruntuhan Heropolis, yang secara tak langsung sebenarnya menyebabkan kerusakan pada Pamukkale.


Untungnya, ketika daerah itu dinyatakan sebagai situs warisan dunia, hotel-hotel yang ada akhirnya dihancurkan dan dijadikan kolam-kolam buatan.

 
Di Pamukkale juga terdapat museum berisi sejarah artefak dari Hierapolis, artefak dari Laodiceia, Kolose, Tripoli, Attuda dan kota-kota lain dari Lycos (Çürüksu) lembah. Selain itu, koleksi museum juga berisi artefak yang ditemukan di Beycesultan Huyuk yang mencakup beberapa contoh yang paling indah dari Zaman Perunggu.


Bila ada kesempatan jalan-jalan ke Turki, jangan lupa sediakan waktu untuk mengunjungi situs alam yang sangat indah ini, ya.