Berjalan merupakan latihan kardio yang paling ringan. Kalori yang dibakar lebih sedikit daripada lari, bersepeda atau berenang. Meskipun begitu, berjalan merupakan latihan yang disukai banyak orang. Ingin membakar kalori lebih banyak dengan berjalan? Simak tips berikut ini, seperti yang dikutip dari health. Berikut 7 Cara Berjalan yang Bakar Lemak Lebih Banyak, yaitu :

1. Berdiri Tegak
Saat tubuh sejajar, otot punggung dan bokong akan bekerja lebih kuat sehingga Anda bisa berjalan lebih cepat dan membakar kalori lebih banyak. Berdirilah tegak dengan punggung lurus, telinga, bahu dan pinggul sejajar.

2. Langkah Kecil
Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan dan membakar kalori lebih banyak adalah dengan melangkah dengan kecil dan cepat.

3. Gunakan Tangan
Tekuk lengan hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian pompa kedua tangan ke depan dan ke belakang. Hal ini akan meningkatkan kecepatan Anda dan tentunya membakar lebih banyak kalori.

4. ‘Sapu’ Trotoar
Saat berjalan, lakukan gerakan menyapu pada telapak kaki saat melangkah, yakni dengan mengangkat tumit dan ketika tubuh bertumpu pada ujung jari, berikan dorongan. Gerakan ini seperti menyingkirkan permen karet yang menempel di sol sepatu. Gerakan ini akan menggerakkan banyak otot sehingga akan lebih banyak kalori yang terbakar.

5. Hindari Tanjakan
Tanjakan memang baik untuk membakar kalori lebih banyak dengan memberikan tekanan pada tubuh. Namun jika Anda tidak bisa menjaga kecepatan saat menanjak, maka sebaiknya tidak usah melewati tanjakan.

6. Tingkatkan Denyut Jantung
Alat monitor denyut jantung sangat baik untuk membakar lebih banyak kalori saat berjalan. Alat ini bisa menjadi pelatih pribadi Anda. Caranya adalah dengan memperhatikan denyut jantung yang tertera pada monitor, kemudian tingkatkanlah denyut jantung tersebut dengan berjalan lebih cepat. Usahakan agar denyut jantung tidak menurun selama berjalan dan kalori akan semakin maksimal terbakar.

7. Pilih Sepatu yang Tepat
Sepatu yang didesain untuk berjalan atau berlari akan memberikan tenaga tambahan bagi Anda. Pilihlah sepatu dengan bantalan minimal dan fleksibilitas yang maksimal pada bagian depan sepatu.