Kepulauan Canary memiliki empat taman nasional, dua diantaranya telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan dua lainnya dinyatakan sebagai Cagar Biosfer Dunia. Keempat taman nasional yang ada di Kepulauan Canary adalah:

1. Caldera de Taburiente National Park
Parque Nacional de la Caldera de Taburiente adalah taman nasional di pulau La Palma , Kepulauan Canary , Spanyol dengan areal seluas 46,9 km². terdapat bentangan besar dari Caldera de Taburiente, yang pernah dipercaya menjadi kawah besar, namun kini dikenal sebagai sebuah lengkungan gunung dengan bentuk kawah penasaran, yang mendominasi bagian utara pulau itu. Ini ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1954. Dinyatakan sebagai Cagar Biosfer Dunia pada tahun 2002.

2. Garajonay National Park
Taman Nasional Garajonay terletak di utara pulau La Gomera , salah satu dari Kepulauan Canary. Ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1981 dan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1986. Taman ini menempati luasan 40 km² dan meluas ke setiap kota di pulau itu

3. Timanfaya National Park
Timanfaya National Park atau Parque Nacional de Timanfaya adalah taman nasional Spanyol yang meliputi distrika bagian selatan Tinajo dan bagian utara Yaiza di bagian barat daya pulau Lanzarote dengan luas 51,07 kilometer persegi. Para taman ini seluruhnya terdiri dari tanah vulkanik dan Patung “El Diablo” yang dibuat oleh César Manrique adalah simbolnya. Pada tahun 1993 ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfer.

4. Teide National Park
Teide National Park adalah sebuah taman nasional yang terletak di Tenerife. Berada di pusat gunung Teide , gunung tertinggi di Spanyol dan pulau-pulau di Atlantik (gunung berapi terbesar ketiga di dunia dari alasnya). Dinyatakan sebagai Taman Nasional pada 22 Januari 1954 , menjadikannya salah satu taman nasional tertua di Spanyol. Taman memiliki luas 18.990 ha dan diangkat menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tanggal 29 Juni 2007. Teide adalah Taman Nasional yang paling banyak dikunjungi di Spanyol, dengan total 2,8 juta pengunjung.