Kepulauan Canary Spanyol adalah kepulauan yang terletak tak jauh dari pantai barat laut daratan Afrika, 100 km sebelah barat dari perbatasan antara Maroko dan Sahara Barat. Canary adalah komunitas otonom Spanyol dan wilayah terluar dari Uni Eropa. Pulau-pulau termasuk (dari terbesar ke terkecil): Tenerife, Fuerteventura, Gran Canaria, Lanzarote, La Palma, La Gomera, El Hierro, La Graciosa, Alegranza, Montana Clara, Roque del Este, Roque del Oeste dan Isla de Lobos. Kepulauan Canary secara hukum diakui sebagai bagian dari Spanyol.

Pantai, iklim yang kondusif dan wisata alamnya terutama Teide National Park dan Gunung Teide (gunung berapi terbesar ketiga di dunia), membuat Canary menjadi tujuan wisata utama, dengan jumlah wisatawan lebih dari 12 juta pengunjung per tahun, terutama Tenerife, Gran Canaria dan Lanzarote. Pulau-pulaunya memiliki iklim subtropis dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang setengah hangat. Hal ini terjadi karena lokasinya dekat dengan.

Tenerife dan Gran Canaria menjadi kota terbesar di Canary sejak 1768. Kota terbesar ketiga Kepulauan Canary adalah La Laguna (Situs Warisan Dunia) di Tenerife. Selama masa Kerajaan Spanyol, Canary adalah persinggahan utama kapal-kapal Spanyol dalam perjalanan mereka ke Amerika.

7 PULAU BESAR DI KEPULAUAN CANARY

Berikut adalah daftar ketujuh pulau beserta ibu kotanya dalam tanda kurung:

1. Tenerife (Santa Cruz de Tenerife)
Santa Cruz de Tenerife (umumnya dikenal sebagai Santa Cruz) adalah ibukota Kepulauan Canary bersama-sama dengan Las Palmas, kota kedua terpadat dari Komunitas Otonom dari Kepulauan Canary dengan populasi 222.417 jiwa pada tahun 2009. Santa Cruz adalah kota terbesar kedua dalam area metropolitan dari Uni Eropa di luar Eropa . Santa Cruz de Tenerife adalah juga ibukota pulau Tenerife (kepulauan berpenduduk paling padat dan Spanyol)

2. Gran Canaria (Las Palmas de Gran Canaria)
Las Palmas de Gran Canaria yang umum dikenal sebagai Las Palmas adalah ibukota, bersama-sama dengan Santa Cruz , kota terpadat di Komunitas Otonom dari Kepulauan Canary dengan populasi 383.308 pada tahun 2010. Las Palmas merupakan daerah perkotaan terpadat kelima di Spanyol dengan penduduk sekitar 700.000 dan kota terbesar Uni Eropa di luar Eropa.

3. Lanzarote (Arrecife)
 Arrecife adalah sebuah kota di Kepulauan Canary ( Spanyol ) terletak di bagian timur pusat pulau Lanzarote yang telah menjadi ibukota sejak 1852. Populasi 50.785 tahun 2003, dengan kepadatan adalah 2,235.25 / km ² dan luas wilayah adalah 22,72 km ². Arrecife juga merupakan kota pelabuhan yang melayani pulau-pulau lainnya dan juga Eropa dan daratan Afrika.

4. La Palma (Santa Cruz de La Palma)
Santa Cruz de la Palma terletak di bagian timur pulau La Palma provinsi Santa Cruz de Tenerife . Santa Cruz de la Palma adalah kota terbesar kedua dan merupakan ibukota pulau La Palma. Jumlah penduduk kota ini sebanyak 17.265 jiwa ( sensus 2001 ), dengan kepadatan penduduk adalah 398/km² dan luas wilayah adalah 43,38 km². Kota ini terletak di permukaan laut dengan elevasi tertinggi adalah sekitar 1.800 m.

5. La Gomera (San Sebastián de La Gomera)
San Sebastián de la Gomera adalah sebuah kota pelabuhan utama dan sebuah distrik administratif di La Gomera di Kepulauan Canary . Mempunyai populasi adalah 2.176 jiwa( ISTAC , 2004), kepadatan adalah 47.6/km ² dan luas daerah 114,78 km². Sebagian daerah ini terdiri dari lahan pertanian, sedangkan pada daerah pegunungan yang berhutan atau berumput. Industri utamanya adalah pertanian, pariwisata dan administrasi. 

6. El Hierro (Valverde)
El Hierro, dijuluki Isla del Meridiano (“Pulau Meridian”), adalah sebuah pulau di Spanyol yang terjauh di barat daya Kepulauan Canary berada di lepas pantai Afrika. Dan juga merupakan pulau terkecil dengan luas hanya 278 km².

7. Fuerteventura (Puerto del Rosario)
Fuerteventura adalah sebuah pulau di Kepulauan Canary ( Spanyol ), terletak di Samudera Atlantik, 97 kilometer di lepas pantai barat laut Afrika . Beribukota Puerto del Rosario (Puerto Cabras untuk 1956 ), dimana Cabildo merupakan pusat pemerintahan di pulau itu. Fuerteventura adalah pulau tergersang dengan luas wilayah 1.659 km².