Quote:
MARGASATWA ENDEMIK PULAI CANARY

Simbol resmi alam yang berhubungan dengan Kepulauan Canary yang paling terkenal adalah Serinus canaria (Burung Canary) dan Palem Phoenix Canary. Cukup banyak margasatwa endemik dari Kepulauan Canary, beberapa diantaranya adalah :

1. Burung Kenari

Serinus Canaria merupakan burung passerine kecil yang yang merupakan burung asli Kepulauan Canary, Azores dan Madeira. Burung ini berwarna kuning-hijau, dengan warna kecoklatan di bagian belakang. Burung ini adalah simbol alami dari Kepulauan Canary.
2. Burung Graja

Burung Graja adalah burung yang termasuk dalam keluarga gagak. Burung ini memiliki bulu hitam pekat, paruh merah yang panjang melengkung, kaki merah dan kicauan yang melengking. Ini memiliki penerbangan
3. Burung Chaffinch Biru

Burung Chaffinch Biru (Fringilla teydea) adalah spesies burung passerine dalam keluarga Fringillidae finch. Burung endemik pulau Tenerife dan Gran Canaria di Kepulauan Canary Spanyol. Burung ini adalah simbol alam Pulau Tenerife, bersama dengan Pohon Naga Canary.

4. Merpati Bolle

Merpati Bolle (Columba bollii) adalah spesies yang masuk genus dari Columba, burung merpati yang merupakan endemik Kepulauan Canary, Spanyol. Lebih besar dari merpati biasa, mempunya panjang 36 cm sampai 38 cm, berwarna abu-abu besar dan gelap.
5. Kadal Raksasa El Hierro

Gallotia Simonyi adalah spesies dari kadal dinding yang dapat ditemukan di Pulau El Hierro. Spesies ini juga pernah ditemukanr di pulau-pulau kecil lepas pantai Roque Chico de Salmor. Berukuran panjang sekitar dua kaki (0,6 m). Kadal Raksasa Hierro adalah bertubuh gempal dengan kepala yang lebar. Yang dewasa berwarna abu-abu gelap kecoklatan. Ukuran kadal jantani lebih besar dari betina
6. Kadal Raksasa La Gomera

 
 
Kadal Raksasa La Gomera (Gallotia bravoana) adalah spesies kadal dinding yang dapat ditemukan di pulau La Gomera. Kadal ini umumnya diurnal dan sebagian besar pemakian tumbuh-tumbuhan. Bisa tumbuh hingga ukuran setengah meter panjang. Betina meletakkan bisa menghasilkan telur antara 3-7 biji.

7. Canarian Shrew

Canarian Shrew Crocidura canariensis) adalah sejenis tikus bermulut panjang dari spesies Soricidae yang berukuran sangat kecil. Hewan endemik dari Kepulauan Canary Hidup ini hidup pada habitat kering subtropis atau lahan semak tropis. Namun populasinya kini semakin berkurang dan terancam punah.
8. Kelelawar Telinga Besar

Kelelawar endemik dari Kepulauan Canary, juga ditemukan di negara seperti Aljazair, Libya, Maroko, Spanyol dan Tunisia . Ditemukan dalam habitat hutan beriklim kering subtropis atau tropis shrubland , jenis vegetasi semak, daerah berbatu, gua-gua , habitat bawah tanah (selain gua), dan padang rumput. Keberadaannya mulai terancam akibat habitatnya yg tertanggu oleh aktivitas manusia.