VIVAnews – Dalam sebuah hubungan percintaan, pacaran jarak jauh kerap menjadi salah satu tantangan. Ada sebagian yang menyerah, tapi ada juga justru memperkuat ikatan dengan pasangan.

Ingin tahu bagaimana hubungan LDR (Long Distance Relationship) tetap langgeng, meski di kota yang berbeda? Dilansir dari Sheknows.com, berikut beberapa tip yang dapat diikuti:

Gunakan telepon
Komunikasi dalam hubungan jarak jauh sangat penting. Cara paling efisien yaitu dengan cara telepon. Lamanya komunikasi sangat berpengaruh terhadap kantung pribadi. Semakin lama, ongkos telepon pun akan bertambah mahal. Untuk menyiasatinya Anda dapat menggunakan jaringan lain seperti skype, vonage, google voice atau web gratis lainnya.

Manfaatkan komunikasi lainnya
Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa mengefektifkan komunikasi dengan memaksimalkan fungsi telepon, email, skype, jejaring sosial, hingga instant messengers. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari setiap alat komunikasi tersebut, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menjaga cinta agar tetap hidup
Meski Anda dan pasangan jarang bertemu setiap harinya, tetapi menjaga cinta itu tetap penting. Berikan sebuah hadiah romantis melalui email, atau menulis lagu cinta tentunya akan membuat pasangan Anda merasa diperhatikan. Cinta itu dapat dipupuk di mana saja tanpa mengenal jarak.

Saling mengunjungi
Mengunjungi pasangan satu sama lain secara bergantian sangat penting. Pasangan Anda sangat merasa dihargai, seperti yang dikatakan Debra Berndt, pakar kencan dan penulias buku “Let Love In”. Dengan cara ini tidak akan ada pihak yang merasa berkorban atau berjuang sendirian.

Jangan mengambil keputusan pribadi

Karena Anda pasangan hidup yang terpisah, rasa ingin tetap tinggal di kota sendiri sering menjadi kendala. Usahakanlah tempat tinggal Anda dan pasangan menjadi lokasi yang fleksibel untuk disinggahi. “Kesepakatan besar atas perubahan sebaiknya dibicarakan baik-baik agar tidak ada salah paham,” jelas Berndt. (art)