CALIFORNIA – Facebook kembali membuat gebrakan terbaru dengan menciptakan mesin pencari baru. Mesin pencari ini, nantinya akan membantu orang lebih menavigasi semua yang ada jejaring sosial tersebut.

Facebook telah menempatkan dua lusin teknisi untuk mengerjakan proyek ambisius yang dipimpin oleh mantan teknisi Google, Lars Rasmussen. Menurut sumber yang dirahasiakan, tujuan Facebook dengan proyek ini adalah membantu menyaring jumlah konten di situsnya, seperti update status, artikel, video dan informasi lain di seluruh web yang di ‘like’.

Sejauh ini Facebook tidak melakukan banyak hal untuk memperbaiki atau menghasilkan uang dari mesin pencarinya, yang saat ini memungkinkan orang menemukan pengguna lain, brand, update status dan beberapa hasil web yang lebih banyak melalui kerjasama dengan Bing, mesin pencari Microsoft.

Namun, Facebook belum terlalu memfokuskan perhatiannya pada kotak mesin pencari kecil yang terletak di bagian atas halaman pengguna. Maka jika benar-benar membuat mesin pencari sosialnya sendiri, Facebook akan ikut ‘berburu’ di wilayah Google. Seperti diketahui raksasa internet itu bergerak ke arah yang berlawan dengan meluncurkan jejaring sosial, Google+.

Menurut editor West Coast dari situs teknologi The Next Web, Drew Olanoff, Facebook bisa membuat pengalaman pencarian yang sangat berbeda dari Google dengan menggunakan sejumlah besar data pribadi.

“Dengan daftar, ‘like’ dan koleksi data, Facebook bisa mengizinkan kita melakukan pencarian langsung dengan sekelompok orang yang terbatas,” ujarnya, seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (31/3/2012).

Tapi meski sudah dikabarkan membuat mesin pencari, seorang juru bicara Facebook menolak untuk berkomentar.